Faq image

Pasar Digital (PaDi) UMKM adalah platform yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sinergi bersama BUMN untuk memonitor kontribusi BUMN terhadap UMKM di seluruh Indonesia. Padi UMKM terdiri dari pusat data UMKM dan belanja BUMN (Control Tower Dashboard), pasar digital UMKM untuk BUMN (PaDi UMKM B2B) dan fitur pasar marketplace dengan akses terpusat bagi UMKM (PaDi UMKM B2C).

Frequently Asked Questions (FAQ) PaDi Control Tower


PaDi Control Tower adalah dashboard laporan pengadaan yang dilakukan oleh BUMN-BUMN, baik menggunakan Pasar Digital (PaDi) ataupun sistem pengadaan masing-masing BUMN.

Control Tower Dashboard adalah bagian dari ekosistem Padi dan merupakan dashboard pelaporan pengadaan yang dilakukan oleh BUMN baik dari Padi UMKM maupun dari luar Padi UMKM. Sedangkan PaDi UMKM atau Pasar Digital Usaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan platform digital yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, dan bersinergi dengan BUMN, UMKM dan juga Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

Diagram perbedaan sistem

Tujuan dari adanya PaDi Control Tower adalah untuk mempermudah pemantauan data dari kegiatan pengadaan yang dilakukan BUMN dan dianalisa oleh Kementerian BUMN.

Beragam informasi mengenai laporan transaksi pengadaan yang dilakukan oleh BUMN dengan vendor yang berpartisipasi dalam program pengadaan tersebut. Mulai dari melihat summary nilai transaksi, progress transaksi, hingga melihat status vendor berdasarkan kategori jenis pengadaan.

Yang menjadi pengguna PaDi Control Tower adalah Buyer (BUMN), dan Supervisor (Kementerian BUMN).

Untuk mengakses PaDi Control Tower, dapat melakukan login pada https://control.padiumkm.id/login dengan mengisi username, password, dan kode captcha yang tersedia.

Informasi Vendor yang terdaftar di Vendor Management System (VMS) dapat dilihat pada sub-menu UMKM.

Semua data pengadaan/pembelian produk (barang atau jasa) BUMN yang dilakukan di PaDi UMKM (https://padiumkm.id). Data yang dikirimkan hanya transaksi yang sudah invoice. Versi lama: data penagihan atau termin pembayaran (invoice), dan data vendor atau mitra pelaksana.

Tidak perlu, karena data transaksi di Padi UMKM secara berkala dikirimkan ke Control Tower. Mohon tidak mengirimkan data transaksi di PaDi UMKM ke Control Tower agar tidak terjadi duplikasi data/laporan pengadaan/pembelian.

Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk melaporkan pengadaan ke PaDi Control Tower, yakni:

  1. Melakukan pelaporan data menggunakan API.
  2. Mohon ikuti panduan berikut untuk teknis penggunaan API : https://drive.google.com/file/d/1nwYF6FdlvEfdbGCN0gBQn30JN03DCsPE/view?usp=sharing
  3. Melakukan unggah dokumen sesuai template dokumen (file template), untuk para BUMN yang tidak bisa mengembangkan API.

API atau Application Programming Interface adalah suatu program aplikasi yang ditujukan untuk menjembatani pertukaran data antara e-procurement milik BUMN dengan PaDi Control Tower. Dengan terhubungnya e-procurement BUMN dengan PaDi Control Tower, maka proses pelaporan pengadaan ke PaDi Control Tower akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Untuk menggunakan API, sebelumnya harus mendaftarkan user dahulu dengan menghubungi PIC PaDi Control Tower. Tata cara mendaftar akun API dapat diperoleh pada file berikut: https://drive.google.com/file/d/1nwYF6FdlvEfdbGCN0gBQn30JN03DCsPE/view?usp=sharing

Catatan:

  • Menginfokan PIC Padi EProc (Astri) untuk minta di whitelist akun bigbox masing-masing BUMN
  • Untuk yang sudah subscribe dan whitelist API sebelumnya tetap perlu untuk di whitelist lagi dan subscribe versi terbaru
  • Bagi yang sudah ada akun tidak perlu membuat akun lagi namun tetap perlu untuk di whitelist lagi dan subscribe versi terbaru
  • Dokumentasi versi terbaru akan diberikan secara terpisah

Pertama perlu dicek apakah versi API sudah sesuai atau belum. Setelah itu perlu dipastikan dulu user API yang digunakan harus sudah di whitelist.

Perbedaan API v.1.1.0 dan v.1.2.0 adalah, pada v.1.1.0 data yg dibutuhkan hanya data transaksi dan data umkm. Sedangkan pada v.1.2.0 terdapat tambahan bagian seperti data satker, data rencana belanja, serta beberapa kolom tambahan pada data transaksi (id satker, is pdn, tkdn, is certificate, & certificate tkdn).

Saat pertama kali kirim data perlu di infokan dan konfirmasi ke tim control tower/ padi karena perlu mendaftarkan master user di Control Tower dengan diinfokan melalui helpdesk

Format data yang dikirimkan tidak sesuai dengan format API dari Control Tower versi terakhir atau tidak sesuai format template dokumen. Dokumen API bisa diperoleh di https://bit.ly/DokumentasiAPICT untuk format API, https://bit.ly/DokumentasiExcelCT untuk format excel dan template dokumen bisa diperoleh di:

  1. Format pelaporan "Data transaksi" dapat diunduh di link berikut : https://bit.ly/TemplateDataTransaksi
  2. Format pelaporan "Data UMKM" dapat diunduh di link berikut : https://bit.ly/TemplateDataUMKM
  3. Format pelaporan "Data Satker/Unit kerja/Buyer Group" dapat diunduh di link berikut : https://bit.ly/TemplateDataSatker
  4. Format pelaporan "Data Rencana Belanja" dapat diunduh di link berikut : bit.ly/TemplateDataRencanaBelanja

Data yang masuk ke Control Tower merupakan data yang sudah valid. Jadi jika data yang dikirimkan belum masuk ke CT bisa dicek lagi apakah data sudah sesuai format dan kolom-kolom mandatory terisi lengkap.

PaDi Control Tower melakukan update data dalam frekuensi satu jam sekali. Jadi mohon untuk menunggu maksimal 1 jam agar data yang di input bisa ter-update.

Cara pelaporan data termin dapat dilakukan dengan dua metode, yakni:

  1. Data dilaporkan setiap selesai termin (untuk satu transaksi dengan id project yang sama). Jika dalam satu transaksi memiliki 3 termin invoice atau pembayaran, maka data termin akan dilaporkan sebanyak 3 kali.
  2. Data dilaporkan hanya satu kali diakhir termin (pelaporan hanya dilakukan setelah pembayaran termin yang terakhir).

Untuk info dan saran bisa menghubungi via e-mail: cs@tenderbumn.id atau menghubungi WhatsApp ke 0821-1817-9590 Senin s/d Jumat di jam 8.00 - 16.00 WIB

Untuk dapat mengunduh data transaksi, bisa dilakukan pada menu tabulasi

  • Pilih menu tabulasi
  • Pada pilihan invoice/transaksi, pilih transaksi
  • Klik “download”, dan masukkan OTP yang dikirimkan ke nomor PIC masing - masing
  • Data terunduh dalam format .xls

Untuk dapat mengunduh data invoice, bisa dilakukan pada menu tabulasi

  • Pilih menu tabulasi
  • Pada pilihan invoice/transaksi, pilih invoice
  • Klik “download”, dan masukkan OTP yang dikirimkan ke nomor PIC masing - masing
  • Data terunduh dalam format .xls

Mohon untuk memastikan kompatibilitas peramban (browser) yang digunakan untuk mengakses dan mengunduh data dari PaDi Control Tower adalah Google Chrome versi terbaru